Minggu, 13 Maret 2011

Meretas Batas (Episode Menjadi Indah Dengan Keragaman) *Part Three

Next =>

Keberagaman adalah perbedaan, dan yg paling sering sy dengar tentang perbedaan adalah, bahwa perbedaan itu rahmat. Dan yg sy fahami dr hal tersebut adalah, Keragaman/Perbedaan itu menjadi ruang pelangi yg memperkaya warna kehidupan. Artinya, dalam menyikapi keragaman itu, yg hal penting yg harus ada dalam diri kita adalah Kefahaman, dan dari kefahaman itu akan lahir Sikap.
Ya.. Dengan sikap inilah kita akan bs masuk dalam kolaborasi keragaman yg ALLAH karuniakan dalam kehidupan kita secara baik dan benar. (kok ya sy jadi cermah nih)

Well..
Mengingat kembali Satu Kata bernama Sukuisme yg menjadi 1 diantara perhatian serius sy setelah beberapa hal yg lainnya. Sukuisme diartikan secara bahasa sbg Kata Sifat, dimana orang mencintai kesukuannya secara berlebihan. Lebbay.! Kata teman sy. Picik.! Komentar teman sy yg lain.
Apapun yg berlebihan, pasti menghadirkan ketimpangan. Pun juga dlm rasa cinta suku yg Lebbay itu, bs di pastikan di dalamnya ada "pengecilan" trhadap suku yg lain. Menganggap suku sendiri lbh tinggi, lbh baik, lbh utama, dan yg lainnya 'nggak banget'..
Dan disinilah letak Masalahnya. Di kondisi yg Lebbay inilah kemudian lahir ribuan cerita senada seperti yg sy tuliskan di 2 Episode sblm nya.

So.?
Sukuisme/Cinta Suku yg berlebihan ini lah yg kemudian menghapus Kalimat Ajaib Berbunyi "Perbedaan Itu Rahmat".

Than..
Mari kita cintai asal muasal diri kita secara proposional, tanpa harus memandang asal muasal orang lain dg mata sebelah. Singkatnya, Jangan Sampai Kita Membatasi dan Menutup Pintu Karunia ALLAH dg sikap Lebbay dlm mencintai Suku Sendiri.
Kita, Bisa Hidup Lebih Indah Dengan Keragaman. InsyaALLAH.

*Dedicated untuk semua teman, sahabat, saudara dr Merauke sampai Sabang, dr semua ujung arah mata angin di Bumi. Yg se-Aqidah, kita disatukan dlm Iman. Yg blm se-aqidah, kita disatukan dalam Kemanusiaan.
Sahabat, Let's We Share The Same Light and The Same Love. Hold my hand for a beautiful world i shared with you..

Tidak ada komentar: