Next =>

Bagi kami yang diberi kesempatan dan waktu untuk menjalani masa “mandiri” yang lebih banyak, tentunya menjadi belajar lbh byk jg untuk mempersiapkan diri dr sekarang untuk yang akan datang.

Dari sekian banyak pelajaran yang didapatkan, satu hal yang menjadi kesimpulan buat sy adalah, Bahwa Pernikahan itu tak hanya sekedar “menikah”..

Kesimpulan ini sy dapatkan dari hasil studi kasus dilapangan kehidupan yg sy temui dan tangani lansung.

Ada banyak peristiwa dan cerita,

dan sy merasa bingung akan menuliskan cerita yang mana,

dan baiklah, sy mulai dari orang-orang dekat sy.

Seorang sahabat, dalam 5 tahun, menikah sampai 3x.

Pernikahan pertama hanya 3 bulan,

Pernikahan kedua kurang 1 tahun,

dan pernikahan ketiganya, sahabat itu bilang ” aku bahagia Nis, meski hidup dg sangat sederhana, suami sy sangat baik dan sabar, dia sangat pengertian dan jujur, tidak pernah bicara keras ato berbuat kasar, dan dia sangat penyayang pada anak sy, sy berdo’a ini pernikahan terakhir sy “

tentu sj sy senang mendengarnya, dan turut meng-amiin-kan do’anya.

Sy gambarkan pernikahan pertama sahabat sy itu dg kondisi suami yg mapan, wajah bagus, sudah kerja, tapi maaf, sahabat sy tdk bs menjadi istri yg baik untuk urusan paling pribadi dalam rumah tangga mereka.

Aku ingat benar sahabat itu curhat ” aku ga kuat Nis, aku mau minta di poligami aja agar ada yg bantuin sy, dia Hiper.! “

Tiba-tiba saja aku jadi ngeri dan sejak itu tdk ingin bertemu dengan suami sahabatku.

Lalu pernikahan keduanya, Laki-laki baik, sangat patuh pada keluarga, dan mapan.

Sebelum bercerai, sahabatku curhat ” dia suami yg berkebalikan dari yg pertama nis, sy sarankan utk cek ke dokter dan terapi, dia tersing gung, dlm klrganya sy tdk merasa dilindungi, sy merasa dia tidak punya pendirian dan tidak bisa bersikap tegas pada keluarganya yg terlalu mencampuri urusan pribadi rumah tangga kami, sy ga bs begini terus.. “

Wkt itu, aku hanya prihatin, karna utk menasehati aku merasa tidak punya landasan pengalaman apapun.

Dan akhirnya mereka bercerai..